-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    "Gercep Tas Hermes", Inovasi di UPTD Puskesmas Rawat Inap Sragi Dalam Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

    Senin, 04 Desember 2023, 23:26 WIB


    Lampung Selatan, Datalampung.com - Tingkatkan kesehatan masyarakat, UPTD Puskesmas Rawat Inap Sragi, Kabupaten Lampung Selatan terus galakkan program bernama "Gercep Tas Hermes" (Gerakan Cepat Atasi Hipertensi dan Diabetes Melitus). 


    Inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat ini diluncurkan sejak tahun 2022 oleh dr. Rohana sebagai respons atas tingginya angka penderita hipertensi dan diabetes melitus di wilayah tersebut, sejalan dengan data nasional maupun provinsi.


    dr. Rohana mengatakan, program "Gercep Tas Hermes" ini sangat penting untuk digalakkan sebab penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus termasuk dalam Program Prioritas Nasional. 


    "Ya, program ini saya bentuk karena tingginya angka penderita penyakit kronis. Pengendalian Penyakit Tidak Menular sangat penting terutama penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus, karena keduanya merupakan salah satu indikator di dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM), Program Prioritas Nasional, dan salah satunya termasuk indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK)," ucap dr. Rohana, Senin (04 Desember 2023).


    Menurut dr. Rohana, kegiatan ini digunakan sebagai metode alternatif yang lebih efektif dalam pengendalian masalah Hipertensi dan Diabetes Melitus dengan Inovasi “Gercep Tas Hermes” di wilayah kerja UPTD Puskesmas Rawat Inap Sragi.


    "Gercep Tas Hermes, dirancang untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien bagi penderita hipertensi dan diabetes melitus," tuturnya.


    Kata dia, program ini memiliki beberapa tujuan utama, yaitu mengoptimalkan pengendalian penyakit, meningkatkan kualitas hidup penderita, mencegah komplikasi, serta mempererat kerja sama lintas sektor.


    Pendekatan komprehensif yang diusung oleh "Gercep Tas Hermes" melibatkan berbagai kegiatan mulai dari deteksi dini, pengobatan, hingga pemantauan berkala.


    Beberapa komponen kunci dalam program ini meliputi penyuluhan kesehatan, skrining kesehatan untuk semua usia, senam rutin, pemberian obat setiap bulan, medical check-up setiap enam bulan, dan pencatatan perkembangan kesehatan pasien. 


    "Tujuan utama inovasi “Gercep Tas Hermes” di puskesmas adalah mendorong penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan hasil baik pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi untuk mencegah komplikasi penyakit," jelas dr. Rohana. 


    Dengan terus digalakkannya program inovasi ini, Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Sragi, Waluyo, Erd. SKM, berharap supaya "Gercep Tas Hermes" dapat mengatasi masalah kesehatan masyarakat luas. 


    "Kami berharap 'Gercep Tas Hermes' dapat menjadi contoh bagi puskesmas lain dalam upaya mengatasi masalah kesehatan masyarakat," ujarnya.


    Untuk itu, pihaknya akan terus meningkatkan kapasitas petugas kesehatan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung program ini.


    Selain itu, masyatakat pun dapat berperan aktif dalam mencegah dan mengendalikan hipertensi dan diabetes melitus tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat, mengikuti anjuran petugas kesehatan, dan rutin memeriksakan kesehatan. 


    "Keberhasilan 'Gercep Tas Hermes' tidak hanya bergantung pada upaya pemerintah dan petugas kesehatan, tetapi juga pada partisipasi aktif masyarakat," ucap Waluyo.


    Berkat kontribusinya melalui program ini, dr. Rohana mendapat apresiasi sebagai tenaga kesehatan teladan Kabupaten Lampung Selatan, dan tenaga kesehatan teladan II kategori dokter umum di Provinsi Lampung pada Hari Kesehatan Nasional tahun 2023.


    Dengan adanya inovasi "Gercep Tas Hermes", diharapkan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, khususnya di Kecamatan Sragi, dapat hidup lebih sehat dan produktif.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini